Butuh Pembinaan

 0
Butuh Pembinaanby adminon.Butuh PembinaanApa yang kini telah dicapai dalam dunia sepak bola Jerman telah disimpulkan sebagai buah manis dari pembinaan serius yang telah mereka lakukan selama sepuluh tahun terakhir ini. Bisakah Inggris juga melakukan hal yang serupa dan menggapai prestasi seperti yang saat ini tengah dinikmati oleh Tim Jerman? Terutama sejak mereka tampil dengan sangat buruk ketika mereka […]

Butuh PembinaanApa yang kini telah dicapai dalam dunia sepak bola Jerman telah disimpulkan sebagai buah manis dari pembinaan serius yang telah mereka lakukan selama sepuluh tahun terakhir ini. Bisakah Inggris juga melakukan hal yang serupa dan menggapai prestasi seperti yang saat ini tengah dinikmati oleh Tim Jerman? Terutama sejak mereka tampil dengan sangat buruk ketika mereka bermain dalam Euro 2000, sepakbola Jerman kini telah berbenah untuk menghasilkan kualitas para pemain agar menjadi lebih baik dan hal ini telah terbukti. Mereka membuat sistem pembinaan dengan cara mereka sendiri yang kemudian hasilnya tampak amat menakjubkan.

Dari 7 turnamen besar terakhir yang telah mereka ikuti, Die Mannschaft tercatat telah 6 kali selalu berhasil untuk menembus minimal empat besar dari turnamen – turnamen tersebut. Mereka jadi runner – up di Piala Dunia 2002, semi finalis pada Piala Dunia 2006, runner – up Euro 2008, semi finalis Piala Dunia 2010 dan juga Piala Eropa 2012, dan mereka baru saja menjuarai Piala Dunia 2014. Pengecualian untuk di Euro 2004, ketika mereka kandas di fase grup.

Salah satu langkah terpenting yang bisa mereka lakukan adalah dengan meningkatkan jumlah pelatih yang berkualitas sesuai dengan yang dibutuhkan agar mereka bisa mengedukasi lebih banyak pemain, terutama para pemain muda. Menurut data dari Luiz Pfannenstiel, kepala pemandu pemain muda Bundesliga dari Hoffenheim, di Jerman saat ini terdapat 6.934 pelatih dengan lisensi UEFA A dan 21.731 berlisensi B.

Dibandingkan dengan Inggris, misalnya, pelatih yang dihasilkan oleh Jerman jauh lebih banyak. Federasi sepakbola Inggris (FA), dengan program Elite Player Performance, hingga saat ini hanya dapat menelurkan 1.457 pelatih berlisensi A, dan 9.420 pelatih berlisensi B. Selain menyiapkan banyak pelatih berkuaitas, pembinaan pemain yang berkesinambunan pun juga sama pentingnya. Tim utama Jerman pada Piala Dunia tahun ini berisikan enam pemain yang berasal dari skuat yang menjuarai Piala Eropa U – 21 tahun 2009 silam.

Sebut saja nama – nama seperti Manuel Neuer, Jerome Boateng, Benedikt Howedes, Mats Hummels, Sami Khedira dan Mesut Oezil, mereka adalah para pemain – pemain yang berasal dari tim muda Die Adler. Dan mereka pun selalu bermain bersama sejak dari usia mereka yang masih sangat muda. Jika dibandingkan dengan Inggris, hanya tersisa satu nama saja dari tim penantang Jerman di final Piala Eropa U – 21 2009 kala itu, yakni James Milner. Sebenarnya masih ada Theo Walcott juga. Namun ia absen untuk tampil di Brasil karena mengalami cedera lutut yang cukup parah.

Berkaca dari semua kegagalan Tim Nasional / Timnas Inggris – karena tak pernah berhasil untuk menjadi juara lagi sejak Piala Dunia 1966–, banyak kalangan yang menyarankan Inggris untuk mencoba meniru pembinaan yang dilakukan oleh federasi sepakbola Jerman (DFB) dalam sepuluh tahun terakhir. Hanya saja, asisten pelatih Tim Nasional / Timnas Inggris, Gary Neville, mengatakan bahwa sistem yang digunakan oleh Jerman tak cocok jika diterapkan dengan sistem yang dibuat oleh FA.

Ia (Gary Neville) sempat berkomentar mengenai hal ini, “Kami sedang mencari jalan yang tepat dan tentunya yang terbaik untuk melakukan (pembinaan) karena sistem yang kami anut tak sesuai dengan sistem yang digunakan oleh Jerman,” ujar eks kapten Manchester United a.k.a The Red Devil / MU itu seperti yang dilansir dari BBC Sport. Ia (Naville) juga menambahkan, “Saya yakin kalau permasalahan besar telah teratasi, tapi semuanya akan berjalan dengan pelan – pelan dan hasilnya akan memakan waktu yang mungkin akan cukup lama. Tapi kita lihat saja nanti apa yang bisa terjadi kemudian,” imbuhnya.

Author: 

Related Posts