Attitude Juga Penting

 0
Attitude Juga Pentingby adminon.Attitude Juga PentingSelain sebagai sarana unjuk gigi secara tim, turnamen Piala Dunia (PD) 2014 juga jadi sarana pamer penampilan secara individual antar pemain. Sebut saja Paul Pogba. Punggawa Prancis ini dipilih FIFA sebagai pemain muda terbaik di gelanggang PD Samba ini. Bukan dinilai semata-mata karena skill yang dimiliki, tapi lebih kepada attitudenya saat melakoni perannya sebagai pemain yang baik. […]

Attitude Juga PentingSelain sebagai sarana unjuk gigi secara tim, turnamen Piala Dunia (PD) 2014 juga jadi sarana pamer penampilan secara individual antar pemain. Sebut saja Paul Pogba. Punggawa Prancis ini dipilih FIFA sebagai pemain muda terbaik di gelanggang PD Samba ini. Bukan dinilai semata-mata karena skill yang dimiliki, tapi lebih kepada attitudenya saat melakoni perannya sebagai pemain yang baik.

Dinobatkan jadi pemain muda PD 2014 terbaik, Pogba menggusur dua calon pesaing lainnya. Diantaranya adalah Memphis Depay anggota squad Belanda dan Raphael Varane yang masih merupakan rekan se-tim Pogba di Prancis. Penilaian FIFA yang membukukan Pogba sebagai pemain terbaik juga bukan dari keputusan asal-asalan saja. FIFA telah menganalisa permainan Pogba semenjak dirinya dengan Ayam Jantan melenggak-lenggok di babak eliminasi grup. Dari lima kali turun merumput di pertandingan PD (empat kali diantaranya sebagai starter), Pogba sukses menyumbang satu gol dan satu buah assist. Situs statistik ofisial Whoscored pun sudah mendata aksi-aksi Pogba di lapangan. Whoscored menilai performa Poba di setiap kesempatan bertandingannya dengan poin 7,36 per laga. Sedangkan untuk tingkat keakuratannya, Pobga dianugerahkan poin 81,7%. Keakuratannya diukur dari bagaimana iya melontarkan bola ke rekan sesama tim maupun serangan-serangan on target nya.

Performa Pogba di kancah Piala Dunia memang tidaklah sesempurna penilaiannya. Dia sempat tersulut emosinya saat berhadapan muka dengan Honduras. Lalu juga sempat naik darah kala ia dan timnya dibantai Jerman pada babak delapan besar. Namun overall, FIFA tetap yakin dengan penilaiannya. Bahwa pemain yang juga membela Juventus di Liga Italia ini memang layak berpredikat sebagai pemain muda terbaik PD 2014.

Menyusul kesuksesan James Rodriguez membawa pulang Golden Boot nya, Kolombia ternyata dinilai sebagai tim paling bersih sepanjang event berjalan. Kolombia dinilai FIFA sebagai tim paling fairplay saat ini.Namun, ketertibannya ternyata tidak mampu membendung kekautan Brazil di fase perempatfinal dan harus menerima kekalahan.

Selama PD Brazil ini berlangsung, Kolombia hanya ditodong lima kartu kuning. Walaupun kartu kuning sebenarnya disodorkan berdasarkan kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh para pemain. Dibanding dengan tim lain, Kolombia dinyatakan sebagai timnas yang paling bermain bersih.

Kendati akhirnya pun dihajar Brazil di putaran perempatfinal, Kolombia hanya mendapatkan lima kartu kuning dari lima kali bertanding. Tapi bukan hanya sekedar koleksi kartu saja yang membuat Kolombia layak digadangkan sebagai tim paling fairplay. Secara overall, memang Kolombia lah yang mengkoleksi poin paling tinggi dari kriteria-kriteria yang menjadi penilaian FIFA dalam segi fairplay. Perhitungan angkanya pun secara resmi dilakukan oleh FIFA Technical Study Group. Menurut lembaga riset FIFA tersebut, ada tiga pertimbangan krusial yang membuat sebuah tim layak digolongkan sebagai tim fairplay. Perimbangan-pertimbangan tersebut mencakup attitude para pemain dari sebuah tim saat bertanding, sikap respek kepada pemain lawan dan petugas lapangan terutama wasit. Namun faktor eksternal yang juga ikut mempengaruhi adalah sikap para supporter ketika sedang menduduki bangku stadion.

Author: 

Related Posts