Akhiri Karir Sebagai pemain, Adrian Mutu Ingin Fokus Menjadi Pelatih

 0
Akhiri Karir Sebagai pemain, Adrian Mutu Ingin Fokus Menjadi Pelatihby adminon.Akhiri Karir Sebagai pemain, Adrian Mutu Ingin Fokus Menjadi PelatihTidak ada yang abadi di dunia, seiring dengan berjalannya waktu, tentu ada masanya dimana seseorang menyatakan untuk berhenti dari dunia yang ia tekuni dan hal itupun berlaku bagi seorang atlit sekalipun. Sebuah kabar mengejutkan datang dari dunia sepakbola, salah satu striker terbaik Rumania yang pernah membela beberapa klub Parma, Juventus, Fiorentina dan Chelsea, Adrian Mutu […]

Akhiri Karir Sebagai pemain, Adrian Mutu Ingin Fokus Menjadi PelatihTidak ada yang abadi di dunia, seiring dengan berjalannya waktu, tentu ada masanya dimana seseorang menyatakan untuk berhenti dari dunia yang ia tekuni dan hal itupun berlaku bagi seorang atlit sekalipun. Sebuah kabar mengejutkan datang dari dunia sepakbola, salah satu striker terbaik Rumania yang pernah membela beberapa klub Parma, Juventus, Fiorentina dan Chelsea, Adrian Mutu memutuskan untuk menyudahi karirnya sebagai pemain sepakbola profesional diusia ke 37 bersama klub Rumania ASA Targu Mures pada akhir 2016 ini. Keputusan Mutu untuk gantung sepatu tersebut ia pilih setelah ia menyelesaikan kontraknya bersama klub Rumania tersebut. Setelah pensiun sebagai pemain, Adrian Mutu tidak semata-mata langsung meninggalkan dunia sepakbola yang ia geluti selama ini dan menurut rencana ia berencana untuk fokus menjadi pelatih.

Pernyataan pensiunnya Mutu dari kancah sepakbola ia ungkapkan secara langsung melalui media massa pada hari Selasa (12/10/2016). Pada pernyataan tersebut ia mengungkapkan “Hari ini saya memutuskan pensiun dan mulai melatih anak-anak sepakbola di usia enam hingga delapan tahun. Pertengahan November nanti, saya akan menyelesaikan lisensi kepelatihan UEFA B dan kemudian berpikir memulai karier sebagai asisten pelatih di divisi teratas Rumania,”.

Selama 20 tahun berkarir menjadi pemain sepakbola, Mutu sudah mencetak 205 gol dalam 527 pertandingan dan selain itu, ia juga membukukan 35 gol dalam 77 laga bersama Timnas Rumania. Adrian Mutu memulai karir sebagai pemain sepakbola profesional pada tahun 1996 dan klub yang dibelanya pertama kali adalah klub lokal bernama FC Arges Pitesti dan mulai menapaki sukses karirnya pada tahun 2000an. Mutu mulai dilirik klub-klub elit di Eropa setelah ia bermain apik bersama Parma pada musim 2002-2003, setelah itu ia di boyong ke kota London bersama klub Chelsea yang kala itu sudah dibeli oleh miliarder asal Rusia Roman Abramovich. Namun sayang karirnya bersama Chelsea harus berakhir tidak menyenangkan dimana ia terus terlibat konflik dengan sang pelatih Jose Mourinho. Tak berhenti disitu, Mutu juga terlibat skandal atas penggunaan kokain dan memaksa dirinya harus disingkirkan dari Chelsea serta dilarang untuk bermain selama 7 bulan dan juga diwajibkan membayar denda sebanyak 20 juta pounds.

Mutu mulai membangun karirnya kembali saat membela Livorno kemudian hijrah ke Juventus hingga menemukan performa permainan terbaiknya di klub Fiorentina pada tahun 2006. Setelah mengakhiri masa sukses di kota Firenze, Mutu kembali ke tanah airnya dan membela klub lokal yang ia perkuat hingga hari ini ASA Targu Mures. Selain membela klubnya, Mutu juga mengambil kursus menjadi pelatih untuk mendapatkan lisensu dari UEFA dan rencananya pada akhir tahun ini ia bakal menerima lisensi B. Dengan lisensi tersebut, Mutu merasa bahwa dirinya sudah harus fokus meningkatkan kualitas dirinya sebagai seorang pelatih.

Mutu berharap apabila ia sudah memegang lisensi, ia ingin sekali melatih salah satu tim besar di Eropa. Dan kunci sukses agar harapan tersebut tercapai adalah serius, tepat waktu dan disiplin.

Author: 

Related Posts